Minggu, 18 April 2010

Laporan praktikum sistem digital yang ke-6

PENCACAH atau COUNTER


Penghitung atau counter adalah rangkaian sirkuit digital atau kadang-kadang berbentuk chip yang bisa dipakai untuk menghitung pulsa atau sinyal digital yang umumnya dihasilkan dari isolator. Penghitung ini bisa menghitung pulsa secara biner murni ataupun secara decimal-terkodekan-secara-biner.

Pada dasarnya sarana input yang satu ini merupakan seperangkat pencacah biner (binary counter) yang terhubung langsung ke saluran-data mikrokontroler, sehingga mikrokontroler bisa membaca kedudukan pancacah, bila diperlukan mikrokontroler dapat pula merubah kedudukan pencacah tersebut.
Seperti layaknya pencacah biner, bilamana sinyal denyut (clock) yang diumpankan sudah melebihi kapasitas pencacah, maka pada bagian akhir untaian pencacah akan timbul sinyal limpahan, sinyal ini merupakan suatu hal yang penting sekali dalam pemakaian pencacah. Terjadinya limpahan pencacah ini dicatat dalam sebuah flip-flop tersendiri.

Counter pada umumnya menggunakan IC TTL tipe SN 7454 atau SN 7474. Dalam percobaan ini yang digunakan counter dengan tipe SN 7490.


Gambar IC 7490


Rangkaian percobaan



Gambar rangkaian percobaan pencacah biner


Skema rangkaian


Tabel kebenaran


Konsep dasar dari sebuah counter yang mana output Q dari sebuah flip-flop dihubungkan kepada salah satu input J dan K pada flip-flop yang lain. Sebelum mulai mencacah, maka semua flip-flop harus di RESET dahulu. Semua Q=0, semua input J dan K juga menjadi=0, kecuali flip-flop berlogik 1. pada saat mulai mencacah semua input J dan K harus bernilai = 1.


Tidak ada komentar: